Eco-tourism Ala Sandiaga Uno Dengan TikTok dan Instagram, Ini Tanggapan Luhut

- 12 Januari 2021, 05:52 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan /Instagram.com/luhut.pandjaitan /

MORESCHICK - Terkait rencana Kemenparekraf untuk menggenjot kembali nadi pariwisata Indonesia melalui pariwisata berbasis ekosistem mangrove, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, pun memberikan tanggapannya.

Luhut berharap sinergi pelaksanaan pemulihan ekosistem mangrove dapat berjalan dengan lancar.

Termasuk Kemenparekraf dapat membangun jalur wisata alam mangrove dan mengembangkan model eco-tourism berbasis mangrove.

“Saya kira wisata mangrove ini penting. Mangrove bagus untuk wisata. Saya pikir banyak yang bisa dibuat dari pengelolaan ekosistem mangrove,” ujar Luhut.

Terkait dengan para tour guide, Luhut pun menyarankan agar nantinya tidak hanya memiliki kemampuan menjelaskan wisata mangrove dari sisi lingkungannya saja, melainkan juga dari sisi manfaat kesehatan yang bisa didapat wisatawan.

Baca Juga: Wayan Koster: Bangga Aksara Bali Bakal Semakin Dikenal Secara Global Melalui Domain Internet ICANN

“Pengalaman saya ketika meninjau di Brebes, Mangrove ini bukan hanya menarik di wisata lingkungannya, tapi juga dari kesehatannya, berjalan menyusuri Mangrove ini enak sekali udaranya sehingga baik untuk pernapasan. Nah ini juga bisa dijelaskan tour guide kepada wisatawan,” ujar Luhut.

Menparekraf Sandiaga pun menjelaskan, selain bermanfaat untuk sektor pariwisata, ekosistem mangrove juga dimanfaatkan dari sisi sektor ekonomi kreatif, seperti dengan pembuatan makanan khas daerah seperti dodol, sirup, keripik, dan sebagainya.

Selain itu, agar dapat menarik wisatawan, khususnya generasi milenial,
Sandiaga pun siap mengemas wisata1 mangrove dengan kekinian, yakni membuat spot instagramable dan menarik untuk dijadikan konten media sosial milenial seperti Tik Tok.

Halaman:

Editor: Ruth Martha Winnie

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X