Lestarikan Budaya Berkebaya, KBN 2021 Berjalan Lancar

- 6 April 2021, 15:00 WIB
ILUSTRASI Kebaya Modern.* /DOK. PR/

MORESCHICK -- Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 berjalan sangat lancar. Banyak wanita Indonesia yang tetap menggunakan kebaya sebagai warisan budaya nasional.

Lana T Koentjoro, Ketua Panitia Musyawarah Kebaya Nasional (KBN) 2021 mengatakan, pihaknya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang maha kuasa.Akhirnya, Musyawarah Kebaya Nasional 20 hari 2021 akan menggelar berbagai kegiatan.

“Berbagai pembahasan kebaya bertujuan untuk memberikan opini kepada pemerintah agar bisa mendapatkan hari kebaya nasional. Kemudian, langkah selanjutnya juga bisa kita susun sebagai rujukan tindak lanjut untuk menjadikan kebaya sebagai salah satu warisan Indonesia dan kekayaan UNESCO lainnya,” kata Lana, Selasa 6 Maret 2021.

Baca Juga: Sejarah Bangsa Indonesia jadi Budak Belian, jadi Pemuas Nafsu dan Dicambuk

Rana menjelaskan, pemerintah harus menjadi panutan dalam melindungi kebaya, misalnya dengan melakukan penelitian tentang kebaya. Selain itu, pemerintah juga perlu mendorong peserta komersial dan pencipta seni untuk mengembangkan kebaya.

“Perlu adanya pendidikan dan konsultasi untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah (termasuk kebaya) di industri fashion melalui fashion dan workshop online serta pusat pelatihan kerja,” kata Lana.

Pemerintah, lanjut Rana, tidak hanya perlu menyusun rencana kegiatan di kalangan PNS, agenda dan tema tahunan, serta kewajiban kebaya. Dan ada semua elemen masyarakat.

"Bekerja sama dengan semua pihak dan terus mempercepat dan mengikuti prosedur untuk merekomendasikan kebaya sebagai salah satu harta atau aset tak berwujud Indonesia."

Di saat yang sama, perancang busana ternama Anne Avantie meraih Anugerah Kebaya Indonesia Award pada Konferensi Kebaya Nasional yang mengaku bangga dengan Kebaya sebagai warisan budaya bangsa.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X