Ingat Putri Tidur dari Kalimantan Selatan Tahun 2017, Kini Kembali Viral dan Ternyata Ini Penyebabnya

- 8 April 2021, 10:03 WIB
Ilustrasi tidur /pixabay/fujikama/

MORESCHICK -- Pernah viral di 2017, Siti Raisa Miranda alias Echa (17) kembali jadi perbincangan karena kondisinya. Gadis asal Kalimantan Selatan ini mengidap kondisi yang membuatnya bisa tidur berhari-hari.

Menurut Mulyadi, ayahnya, Echa sempat dirawat di RSUD Dr Ansari Saleh Banjarmasin setelah tiga hari tidak bangun dari tidur. Namun karena pemeriksaan medis menunjukkan kondisinya normal-normal saja, Echa dibawa pulang ke rumah.

Selama beberapa hari tidur, Echa mendapatkan nutrisi dengan memberi makan orang tuanya.

Baca Juga: Restoran Ini Kehilangan Kepiting Seharga Rp7 Juta, Wajah Maling Terdeteksi

Situasi ini bukan pertama kalinya Echa menghadapi situasi ini. Pada 2017, ceritanya menyebar luas dan terkait dengan insomnia. Menurut karakteristiknya, banyak netizen yang mengaitkannya dengan Sleeping Princess Syndrome atau Kleine-Levin Syndrome.

Andreas Prasadja dari RPSGT, ahli kesehatan tidur dari Pondok Indah dan Klinik Gangguan Tidur, menjelaskan saat itu sindrom Kleine-Levin merupakan penyakit yang bercirikan insomnia secara periodik. Artinya pasien bisa tidur dalam waktu lama.

Baca Juga: Ekonom Sebut BLT Gaji Seharusnya Belum Saatnya Dihentikan, Ini Alasannya

“Belum pernah terjadi di Indonesia (Klein-Levin syndrome). Ini baru pertama kali saya mengetahuinya. Kasus seperti ini sangat jarang terjadi dan saat ini belum ada pengobatan yang sesuai,” juga di Mitra Kimayo Said seorang dokter praktik di Mitra Rumah Sakit Kemayoran. 26/12/2017).

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X