Peneliti Sebut Pandemi Berikutnya adalah Gangguan Mental, Ini Penjelasannya

- 6 April 2021, 14:25 WIB
Ilustrasi gangguan mental /

MORESCHICK -- Pandemi Covid-19 memang telah memengaruhi kehidupan manusia. Tidak hanya menyerang secara fisik, tapi juga mental. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini mengumumkan bahwa setelah Covid-19 teratasi, masalah kesehatan mental akan menjadi pandemi.

Ya, pandemi berikutnya adalah masalah kesehatan mental akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Barcelona Institute of Global Health (ISGlobal) pada Senin, 5 April 2021, kemarin.

Dalam laporan penelitian: "Kesehatan mental orang diserang oleh berbagai mekanisme pada saat yang sama, dan tindakan segera diperlukan."

Biaya ekonomi global yang terkait dengan masalah kesehatan mental meningkat sebanyak satu triliun dolar AS setiap tahun, dan di negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah, 85% orang dengan gangguan mental tidak dapat memperoleh pengobatan, yang telah memicu "krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Baca Juga: Inul Daratista jadi Pengisi Suara Serial Animasi

Baca Juga: Gelombang 17 Kartu pra Kerja akan Dibuka, Bersiap Yuk!

"Pandemi Covid-19 tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi tujuan hidup seseorang, dinamika keluarga, peran pekerjaan, dan stabilitas ekonomi," ungkapan para peneliti.

Faktor lain yang memperburuk krisis ini termasuk perubahan peran keluarga, kekerasan dalam rumah tangga, kesepian, kesepian, kesedihan karena kehilangan keluarga atau teman, kecemasan umum, kelelahan kerja, dan stres pasca-trauma.

Studi tersebut juga melaporkan bahwa 30% hingga 60% pasien Covid-19 memiliki masalah dengan sistem saraf pusat dan bagian tepi mereka juga terpengaruh. Situasi ini dapat menimbulkan berbagai masalah.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X