Begini Reaksi Otak Kita Saat Merasa Kesepian

- 20 Januari 2021, 06:38 WIB
Ilustrasi kesepian. /Pixabay

MORESCHICK - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, kesepian adalah salah satu hal yang mungkin banyak dialami oleh masyarakat. Apalagi saat kasus positif semakin meningkat, PSBB di daerah juga semakin diperketat.

Alhasil, yang bisa kita lakukan adalah menjauhi sementara aktivitas sosial dan kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, diam serta bekerja dari rumah. Padahal sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi.

Saat-saat seperti inilah kita rentan mengalami perasaan kesepian yang ternyata berpengaruh terhadap kondisi jaringan saraf di otak kita.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 5.0 Guncang Gunung Kidul Yogyakarta

Dikutip dari Science Daily, sebuah studi yang telah dipublikasikan di jurnal Nature berjudul "The default network of the human brain is associated with perceived social isolation" menunjukkan bagaimana reaksi jaringan saraf otak saat kita merasakan kesepian.

Penelitian dilakukan dengan memeriksa data magnetic resonance imaging (MRI), genetika dan penilaian psikologis dari sekitar 40.000 orang dewasa paruh baya dan lebih tua.

Mereka secara sukarela memasukkan informasi mereka ke dalam UK Biobank, yakni database akses terbuka yang tersedia untuk ilmuwan kesehatan seluruh dunia.

Kemudian data MRI dari partisipan yang dilaporkan sering merasa kesepian dibandingkan dengan yang tidak. Hasilnya, para peneliti menemukan beberapa perbedaan dalam otak orang yang kesepian.

Baca Juga: Permintaan Maaf Nadin Amizah Usai Dihujat Netizen Terkait Pernyataan Kaya dan Miskin

Halaman:

Editor: Tiara Sayusti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X