Simpang Siur, Dimanakah Virus Corona Pertama Ditemukan? Ini Jawaban Peneiliti Giovanni Apolone

- 21 November 2020, 15:51 WIB
Kue berbentuk virus Corona /Reuters

MORESCHICK -- Para peneliti menyebutkan bahwa virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 pertama kali ditemukan di negara Italia pada September 2019 lalu sebelum kasus resmi muncul di Wuhan, China menjelang akhir tahun 2019.

Berdasar pada pasien uji coba kanker yang ditemukan antibodi virus Corona beberapa bulan sebelum kasus resmi pertama muncul di Wuhan.

Baca Juga: Suami Jenita Janet Bantah Tinggalkan dan Tak Nafkahi Mantan Istri dan Anak

Dari data yang kami himpun, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Institut Kanker Nasional Milan(NCI), dari empat sampel pasien yang diperiksa sejak awal Oktober 2019, telah ditemukan antibodi virus Corona.

"Hasilnya berarti pasien tertular virus corona pada September,sekitar lima bulan sebelum Italia mencatat pasien Covid-19 resmi pertamanya pada 21 Februari, di sebuah kota dekat Milan, di wilayah utara Lombardy," hasil penelitian itu, dikutip Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga: Ricky Yacobi, Striker Legenda Timnas Indonesia Meninggal

Penelitian itu menemukan bahwa 11,6 persen sampel darah dari 959 sukarelawan sehat yang terdaftar dalam uji coba skrining kanker paru antara September 2019 dan Maret 2020 telah mengembangkan antibodi sebelum Februari.

"Ini adalah temuan utama: orang tanpa gejala tidak hanya positif setelah tes serologis, tetapi juga memiliki antibodi yang mampu membunuh virus," kata penulis penelitian Giovanni Apolone, merangkum Skynews.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka akan Dilangsungkan Tahun Depan, Zaskia Adya Mecca Kok Tak Rela?

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X