Momentum Majukan Hak Anak Nasional di Hari Anak Sedunia

- 20 November 2020, 20:53 WIB
Hari Anak Sedunia. /Pixabay/sasint/

MORESCHICK - Hari Anak Sedunia ditetapkan setiap 20 November. Hari Anak Sedunia bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan anak-anak di seluruh dunia.

Tahun ini United Nation Children's Fun (UNICEF) memgangkat tema "A day to reimagine a better future for every child" atau hari dimana bertujuan untuk membayangkan dan membentuk kembali masa depan semua anak.

Baca Juga: Menata Kembali Masa Depan Anak, Tema Hari Anak Sedunia 2020

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan peringatan Hari Anak Sedunia menjadi momentum untuk semakin mengedepankan pembangunan bangsa yang berbasis hak anak.

"Anak-anak adalah anugerah bagi dunia, tidak hanya bagi satu keluarga, satu lingkungan atau satu negara saja. Anak-anak adalah masa depan kita," kata Bintang dalam acara Peringatan 30 Tahun Ratifikasi Konvensi Hak Anak dan Peringatan Hari Anak Sedunia yang diliput secara virtual dari Jakarta, dilansir Antara, Jumat 20 November 2020.

Baca Juga: Hari Anak Sedunia, Bentuk Kesadaran Pencegahan Eksploitasi Anak

anak-anak adalah generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan di seluruh sektor pembangunan, di mana pun mereka berada.

Namun, dunia menjadi semakin tanpa batas dan dinamika sosial semakin cepat. Keputusan suatu negara dapat mempengaruhi negara-negara lain. Isu-isu yang berkaitan dengan anak pun menjadi semakin kompleks.

Baca Juga: Diagendakan Diperiksa Polisi atas Dugaan Kasus Pencemaran Nama Baik, Angel Lelga Tidak Hadir

"Keberadaan instrumen universal yang dapat menjadi pedoman dalam pemenuhan hak-hak anak di seluruh dunia menjadi sangat penting. Pada 20 November 1989, negara-negara di dunia melalui Majelis Umum PBB mengesahkan Konvensi Hak Anak," tuturnya.

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X