BNPB Kucurkan Bantuan Rp4 Miliar untuk Penanganan Bencana Gunung Merapi

- 19 November 2020, 19:59 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan keterangan pers soal larangan kerumuman di seluruh Indonesia. /BNPB

MORESCHICK - Gunung Merapi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah terus memberi isyarat akan kembali meletus.

Hal tersebut menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memberikan bantuan Rp4 miliar untuk penanganan bencana meletusnya Gunung Merapi.

Baca Juga: Industri eSport Alami Peningkatan Penjualan di Masa Pandemi

"Kami hari ini memberikan bantuan Rp1 miliar pada setiap kabupaten. Di sini terdapat satu kabupaten dari DIY, sisanya tiga kabulaten dari Jawa Tengah," kata Kepala BNPB Doni Monardo saat berkunjung ke Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, dilansir Antara, Kamis, 19 November 2020.

Sebanyak empat kabupaten yang mendapat bantuan itu, antara lain Kabupaten Sleman di DIY, kemudian Kabupaten Klaten, Magelang, serta Boyolali di Jawa Tengah.

Baca Juga: Fleets Twitter, Fitur yang Mirip Instagram Stories

Selain bantuan dana, BNPB juga akan menempatkan satu unit helikopter yang nantinya dapat digunakan oleh Pemerintah DIY dan Jateng untuk menfantisipasi berbagai hal yang berhubungan dengan kegunungapian.

Kehadiran BNPB di DIY dan Jateng merupakan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan berbagai upaya antisipasi menghadapi bencana letusan Gunung Merapi yang diperkirakan akan berdampak terhadap warga di sebagian wilayah DIY dan Jateng.

"Bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Sehingga semua rencana-rencana yang berhubungan dengan antisipasi erupsi Gunung Merapi harus kami lakukan sebaik mungkin agar mengurangi risiko korban jiwa, termasuk kerugian harta benda," kata dia.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X