Digitalisasi Sekolah 2021: Kemendikbud Siap Gelontorkan Anggaran Rp3 Triliun

- 7 November 2020, 12:15 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim. /Depok.Pikiran-Rakyat

MORESCHICK – Pandemi Covid-19 telah membuka kesadaran bahwa digitalisasi sekolah di Indonesia masih sangat rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari lambatnya transisi pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online disebabkan karena fasilitas digital sekolah tidak memadai.

Berkaca dari hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap gelontorkan anggaran sebesar Rp 3 triliun untuk program Digitalisasi Sekolah pada tahun 2021.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu 7 November, Cancer Lagi Happy! Taurus Boros Nih, Kalau Aries dan Gemin

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri, total dana yang diinginkan untuk digitalisasi sekolah sebenarnya mencapai Rp15 triliun namun untuk setiap tahunnya baru bisa dianggarkan Rp3 triliun.

Dari dana program Digitalisasi tersebut, rencananya setiap sekolah akan menerima 15 laptop dan satu access point pada program Digitalisasi Sekolah ini.

Laptop yang akan diberikan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti untuk asesmen kompetensi minimun, asesmen nasional, dan praktikum.

Baca Juga: Penasaran dengan Pengasuh Kiano Anak Baim Wong yang Katanya Cantik? Ini Dia Sebenarnya

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, digitalisasi sekolah ini merupakan peningkatan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada sekolah.

"Kita program 2021, salah satu terbesar adalah digitalisasi sekolah. Di mana kita memastikan bahwa berbagai macam toolkit TIK itu akan kita persiapkan, dan kita akselerasi dari sebelumnya," tutur Mendikbud pada kanal Youtube Media Indonesia.

Halaman:

Editor: Tiara Sayusti


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X