Scuba dan Buff Dilarang di Kereta Commuter Line, Ini Alasannya!

- 15 September 2020, 10:54 WIB
Ilustrasi Masker Buff /Istimewa

MORESCHICK - Angkkutan umum Kereta Commuter Line (KRL) masih boleh beroperasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Tentunya, para penumpang harus menerapkan protokol kesehatan.

Yang menjadi sorotan adalah dalam aturan terbaru, PT KCI melarang penumpang memakai masker scuba dan buff atau kain tipis untuk menutupi mulut dan hidung.

Baca Juga: Tayang di Bioskop China, Film Mulan Akhirnya Dapat Pujian

"Untuk kesehatan bersama, sangat dianjurkan menggunakan masker yang efektivitasnya mencukupi dalam mengurangi droplet atau cairan. Gunakan setidaknya masker kain yang terdiri dari minimal dua lapisan," kata Anne Purba, VP Corporate Communications PT KCI, Senin, 14 September 2020.

Masker scuba dan buff dinilai tidak efektif untuk melindungi dan mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Ada Bukti Ilmiah, Virus Corona Benar Buatan Manusia dan Produk Laboratorium Wuhan

Sebuah riset yang dilakukan para peneliti Duke University, Belanda, menjelaskan bahwa scuba dan buff merupakan masker paling buruk kinerjanya ketimbang masker lain. Itu dapat dilihat dari hasil studi eksperimental menggunakan perangkat laser sederhana.

Ilustrasi Masker Scuba
Ilustrasi Masker Scuba Istimewa

Para peneliti mengamati seseorang yang memakai masker dan berbicara ke arah sinar laser yang disimpan di dalam perangkat berbentuk kotak.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X