Ini Manfaat Kartu JKP Bagi Pekerja yang di PHK

- 8 April 2021, 12:09 WIB
Menaker Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Jakarta, Rabu 7 April 2021. /ANTARA/HO-Kemnaker/

MORESCHICK - Menaker Ida Fauziyah memaparkan program Jaminan Kehilangan Kerja (JKP) dalam rapat kerja (Raker) dengan Panitia IX DPR RI dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan pada Rabu (7/4) bagi pekerja / pekerja terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ida menyampaikan bahwa pekerja yang mengikuti program JKP dan kemudian dipecat berhak atas tiga manfaat, yaitu uang tunai, akses informasi pasar kerja dan keikutsertaan dalam pelatihan kejuruan.

Baca Juga: Sebelum Ramadhan, Warga Purbalingga Mandi Bersama di Tirta Marta

“Manfaat bagi pekerja peserta program JKP adalah uang tunai, yaitu 45% dari upah tiga bulan pertama dan 25% dari upah tiga bulan berikutnya. Maksimal enam bulan," tulis Menaker Ida Fauziyah dikutip dari akun Instagram Kemnaker, Kamis 8 April 2021.

Manfaat lainnya adalah akses informasi pasar kerja juga akan diberikan dalam bentuk layanan informasi pasar kerja dan / atau panduan kerja, dan akan dilakukan oleh asisten kerja atau in-service personel.

Keunggulan ketiga adalah pelatihan vokasi dilaksanakan melalui lembaga pelatihan vokasi milik pemerintah, swasta dan perusahaan dalam bentuk pelatihan kompetensi.

Adapun persyaratan peserta program JKP, Ibu Ida menyampaikan bahwa WNI adalah W

Baca Juga: 5 Kali Muntahan Lava Pijar dari Gunung MerapiNI yang telah diikutsertakan dalam program jaminan sosial sesuai dengan tahapan kepesertaan (yaitu untuk usaha besar dan menengah) yang ditentukan oleh Presiden. Nomor 109 tahun 2013. Termasuk dalam rencana JKN, JKK, JHT, JP dan JKM, kemudian untuk usaha kecil dan mikro sekurang-kurangnya ikut dalam rencana JKN, JKK, JHT dan JKM.

Ida mengatakan: "Syarat lainnya adalah Anda berusia di bawah 54 tahun dan memiliki hubungan kerja dengan pengusaha, baik itu perjanjian kerja waktu tetap (PKWT) maupun perjanjian kerja tidak terbatas (PKWTT)."

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Instagram


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X