Penerima Vaksin HArus Tunggu 30 Menit Setelah Disuntik, Ini Alasannya

- 7 April 2021, 15:11 WIB
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca /Pixabay/geralt

MORESCHICK -- Vaksinasi COVID-19 nasional akan dimulai pada 13 Januari 2021. Namun, masih banyak masyarakat yang kebingungan karena belum memahami proses vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Salah satu pertanyaan paling umum adalah kapan meminta orang menunggu 30 menit setelah menerima vaksinasi Covid-19. Ini karena kebanyakan orang ingin buru-buru pulang setelah disuntik.

Merangkum unggahan akun Instagram @dkijakarta Pemprov DKI Jakarta pada Rabu 7 April 2021, menjelaskan mengapa para pemberi vaksin harus menunggu sekitar 30 menit setelah penyuntikan. Tentunya alasan ini dilandasi oleh pertimbangan keamanan.

Baca Juga: Hotma Sitompul Akui Tak Satupun Berikan Aset ke Istrinya

Baca Juga: Yuyun Sukawati jadi Korban KDRT, Kini Menyesal Menikah dengan Fajar Umbara

"Petugas kesehatan memantau dan mengamati kemungkinan tindak lanjut pasca imunisasi (KIPI)," tertulis dalam unggahan tersebut.

Karena secara umum, akan ada beberapa reaksi setelah proses vaksinasi covid-19. Ini termasuk nyeri di tempat suntikan, kemerahan dan bengkak, demam, dan nyeri otot.

Nah, gejala tersebut biasanya muncul dalam waktu 30 menit setelah vaksinasi.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena vaksin diproses sesuai dengan standar mutu yang terjamin, dan proses vaksinasi dilakukan sesuai dengan prosedur yang ketat, sehingga sangat aman.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X