Di India, Nikahi Penyandang Disabilitas Langsung Dibayar Pemerintah Lho!

- 28 Februari 2021, 11:30 WIB
FOTO ilustrasi penyandang cacat.* /PIXABAY/

MORESCHICK- Pemerintahan Odisha, sebuah negara bagian timur India, rela memberi insentif tinggi bagi siapapun yang mau menikahi penyandang disabilitas.

Rupanya pemerintahan Odisha terus mencari cara, agar para penyandang disabilitas tidak hidup seorang diri, tanpa pasangan suami atau istri.

Dikutip Moreschick dari situs Indiatimes.com, Minggu, 28 Februari 2021, dengan tujuan untuk mendorong orang menikahi penyandang disabilitas, pemerintah Odisha telah meningkatkan insentif uang tunai dari semula 50.000 Rupee atau setara Rp10 juta hingga 2.50000 rupee atau setara Rp48 juta per pasangan yang memenuhi syarat.

Bhaskar Sharma, komisaris sekaligus sekretaris Departemen Jaminan Sosial dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (SSEPD) dalam pengumumannya yang disebarkan ke seluruh distrik, seiring dengan meningkatnya insentif itu, pedoman terkait kebijakan tersebut juga direvisi.

Baca Juga: Ayus Sabyan Lebih Pilih Nissa, Keluarga Kecewa

Penghargaan insentif tunai dapat diberikan kepada salah satu pasangan penyandang disabilitas. Pedoman pernikahan ini menyebutkan, pengantin laki-laki dan pengantin perempuan masing-masing harus telah berusia 21 tahun dan 18 tahun saat pernikahan.

Dengan jumlah yang ditingkatkan, Odisha telah menjadi negara bagian yang membayar insentif tertinggi untuk menikahi penyandang cacat.

Editor: Frida Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X