Lantik Kabareskrim Baru, Kapolri Singgung Hukum Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas

- 24 Februari 2021, 16:40 WIB
Kapolri Listyo Sigit Prabowo keluarkan surat edaran yang berisi 11 poin penanganan kasus UU ITE. / /DOK. PMJNews

MORESCHICK- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melantik Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri yang baru, Komjen Agus Andrianto.

Dalam amanatnya, Kapolri berpesan agar Komjen Agus, dan sejumlah pejabat tinggi Polri yang hari ini juga dilantik, agar menegakkan hukum secara berkeadilan.

"Bapak Kabareskrim Polri, tolong betul-betul mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan," pesan Kapolri di dalam upacara pelantikan di Mabes Polri, Jakarta Selatan sebagaimana dihimpun Moreschick dari pemberitaan nasional, Rabu, 24 Februari 2021.

"Karena masyarakat masih mendapati suasana kebatinan yang dirasakan oleh hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas," sambungnya lagi.

Kapolri meminta agar jajarannya mampu berlaku tegas dan berkeadilan dalam menjalankan tugas.

Baca Juga: Gandeng Polri, Sandiaga Cari Cara Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Masalah restoratif justice sebagai bentuk penyelesaiaan permasalahan, kita coba formulasikan dengan baik. Tapi kita harus tegas, manakala terhadap hal-hal yang berdampak keselamatan jiwa manusia, berdampak dengan masalah konflik horizontal," pungkasnya.

Sementara itu Kabareskrim Polri yang baru Komjen Agus Andrianto memastikan akan berupaya bersama dalam mewujudkan transformasi Polri demi penegakkan hukum yang berkeadilan.

"Beliau (Kapolri-red) juga menekankan beberapa hal terkait dengan pengawalan terkait ekonomi nasional, pengawalan masalah satgas pangan, kemudian masalah tanah, mafia tanah maksud kami, kemudian pengawasan terhadap subsidi pupuk yang begitu banyak tapi belum ada output sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden beberapa saat lalu," katanya.

Halaman:

Editor: Frida Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X