Presiden Jokowi Soroti Karhutla, Minta Para Gubernur Waspada

- 22 Februari 2021, 16:57 WIB
Presiden Jokowi.* /Foto: setkab.go.id/Humas/

MORESCHICK- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dilaporkan kini mulai kembali terjadi.

Dihimpun Moreschick dari pemberitaan nasional, Senin, 22 Februari 2021, pemerintah mencatat sebanyak 137 kasus karhutla terjadi pada awal 2021.

Dengan rincian di Aceh ada 3 kejadian, Sumatera Utara 9 kejadian, Riau 29 kejadian, Kepulauan Riau 4 kejadian, Jambi ada 2 kejadian, dan Sumatera Selatan 5 kejadian.

Kemudian sebanyak 52 kejadian di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah 12 kejadian, Sulawesi Tenggara 20 kejadian dan Papua ada 1 kejadian.

"Saya menerima laporan bahwa kebakaran hutan dan lahan telah mulai terjadi sejak akhir Januari. Tadi sudah disampaikan oleh Bapak Menko Polhukam," kata Jokowi.

"Misalnya di Riau beliau menyampaikan sudah terjadi 29 kejadian. Ini hati-hati Pak Gub Riau. Meskipun bsia ditangani jangan sampai ada muncul lagi," sambungnya lagi.

Baca Juga: Ramai Dihujat Karena Isu Pelakor, Nissa Sabyan Tetap Beraktivitas

Kemudian, sambung Jokowi di Kalimantan Barat sebanyak 52 kejadian. Meski sudah berhasil tertangani, namun setiap jajaran diminta tetap berhati-hati dan harus menyediakan water bombing.

Disambung Presiden, Pulau Sumatera masih berpotensi terjadi karhutla pada Feebruari ini. Kemudian sebagian Kalimantan dan Sulawesi juga berpotensi terjadi karhutla pada Mei hingga Juli mendatang.

Halaman:

Editor: Frida Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X