Kader PDIP Ini Kembalikan Uang Diduga Terkait Korupsi ke KPK

- 21 Februari 2021, 09:07 WIB
Ilustrasi uang suap. /PRFM

MORESCHICK- Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Kendal Akhmat Suyuti mengembalikan sejumlah uang, yang diduga terkait kasus korupsi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dihimpun Moreschick dari pemberitaan nasional, Minggu 21 Februari 2021, Akhmat mengembalikan uang haram itu ke KPK ada Jumat, 19 Februari 2021 lalu.

Selain menyerahkan uang, Akhmat juga sempat diperiksa penyidik terkait kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) di Kementerian Sosial (Kemensos) pada 2020.

"Akhmat didalami pengetahuannya terkait dengan adanya pengembalian sejumlah uang oleh saksi," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri.

Baca Juga: Menaker Terus Usahakan BLT Gaji Tahap 1

Tak dirinci Ali berapa jumlah uang yang dikembali Akhmat tersebut. Namun yang pasti, uang tersebut diduga diterima dari mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, salah satu tersangka dalam kasus ini.

"Diduga diterima dari tersangka JPB (mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara) melalui perantaraan pihak lain," pungkasnya.

Dalam kasus ini, penyidik KPK telah menetapkan lima orang tersangka, yakni Juliari Peter Batubara, dua pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso, serta pihak swasta Ardian IM dan Harry Sidabuke.

Editor: Frida Astuti


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X