Gunung Raung Terus Erupsi, Gemuruh Antara 10 Hingga 30 Menit

- 27 Januari 2021, 17:38 WIB
Gunung Raung. /pmjnews.com

MORESCHICK -- Gunung Raung, Banyuwangi hingga kini masih erupsi. Bahkan, dari pos pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung menyebut adanya suara gemuruh terhadap aktivitas vulkanis pada pagi tadi.

Tepatnya pada pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB gemuruh terdengar jelas. Suara gemuruh antara 10 menit hingga 30 menit sekali.

"Suara gemuruh terdengar pagi ini. Mulai jam 7 pagi hingga 11 siang. Untuk selanjutnya masih belum terdengar hingga saat ini," ujar Mukijo, Kepala PPGA Raung, dihimpun pemberitaan nasional, Rabu 27 Januari 2021.

Baca Juga: Gunug Berapi Terus Luncurkan Awan Panas, Video Sudah Beredar di Grup-grup WhatsApp

Menurut Mukijo, karena aktivitas vulkanis yang terjadi di dalam kaldera. Apalagi kaldera Gunung Raung itu memiliki diameter 2 kilometer.

Bahkan, suara gemuruh pun terdengar begitu menggelegar. Cahaya api terpantau dari asap yang membumbung setinggi 500 meter dari puncak gunung.

"Kondisi Gunung Raung masih waspada. Asap kelabu sudah tidak teramati sejak 2 hari terakhir. Pada tanggal 24 hingga saat ini masih terlihat cahaya api dari pantulan asap," tambahnya.

Tidak adanya asap kelabu, karena material pijar sudah menemukan jalan keluar. Letusan dengan tipe strombolian melemparkan material di dalam kaldera.

Letusan ini mirip dengan erupsi pada tahun 2020 lalu. Belum sampai puncaknya seperti tahun 2015 lalu.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X