Harapan Indonesia Setelah Joe Biden Dilantik jadi Presiden AS

- 21 Januari 2021, 17:48 WIB
Menlu Retno Pimpin Kerja Sama Vaksin Covid-19 Covax /Twitter.com/Menlu_RI

MORESCHICK -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan harapan Indonesia terhadap Amerika Serikat di tangan pemerintahan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris yang baru dilantik pada Rabu 20 Januari 2021.

"Indonesia memiliki harapan yang besar terhadap Administrasi AS yang baru yang sedang menghadapi pandemi, upaya pemulihan ekonomi, serta upaya menjaga perdamaian dan stabilitas dunia di tengah menajamnya rivalitas di antara negara-negara besar," kata Retno dalam jumpa pers virtual pada Kamis 21 Januari 2021.

Baca Juga: Bertambah 11.703 Kasus Baru Corona di Indonesia

Menurut Retno menekankan harapannya pada sisi multilateralisme. Sebaliknya pada kebijakan Trump sebelumnya yakni tindakan unilateralisme sangat merugikan negara lain.

"Untuk memperkuat multilateralisme, termasuk menjadikan PBB lebih responsif dan efektif dan memperkuat WHO di tengah tantangan pandemi yang luar biasa ini," kata Retno.

Retno menyampaikan Indonesia berharap AS di tangan Biden bisa memperkuat komitmennya terhadap perdamaian dan stabilitas dunia.

Indonesia mengharapkan kontribusi positif AS terhadap penyelesaian isu Palestina-Israel dengan adil dan sesuai berbagai resolusi PBB.

Baca Juga: Lady Gaga Nyanyi Lagu Kebangsaan di Pelantikan Presiden AS, Gestur Tubuh Jadi Perhatian

Selama pemerintahan Trump, AS kerap mengeluarkan kebijakan pro-Israel dan di luar konsesus internasional selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X