Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburan Abu Capai 500 Meter di Atas Puncak

- 21 Januari 2021, 17:21 WIB
GUNUNG Sinabung di Kabupaten Karo erupsi /ANTARA/HO/

MORESCHICK - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Uara kembali erupsi. Informasi itu disampaikan melalui akun Twitter resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis, 21 Januari 2021.

Kementerian ESDM memberikan informasi bahwa erupsi di Gunung Sinabung terjadi pada pukul 6.35 WIB.

Baca Juga: Gunung Raung Banyuwangi Erupsi, Kini Status Waspada, Tremor 53 Kali

Erupsi tersebut terjadi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 2.960 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur dan tenggara,” cuitan Kementerian ESDM.

Erupsi Gunung Sinabung terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 120 mm dengan durasi kurang lebih 1 menit 34 detik.

Baca Juga: Vicky Prasetyo akan Melamar Kalina Oktarani di Rumahnya, Ini Alasannya

Seperti diketahui, saat ini Gunung Sinabung berstatus Level III atau Siaga. Dilihat dari situasi tersebut, Kementerian ESDM mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di seluruh desa yang telah direlokasi.

Masyarakat dan pengunjung diimbau tidak melakukan aktivitas pada lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung radius 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Twitter


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X