Kejadian Ikutan Setelah Vaksinasi Covid-19 Akan Ditanggung Pemerintah

- 20 Januari 2021, 08:28 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. / Pexels/Gustavo Fring

MORESCHICK - Hallo sobat Moreschick! Ada kabar menarik nih untuk kalian terkait vaksinasi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di berbagai daerah di Indonesia.

Melalui Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan, pemerintah mengumumkan akan menanggung kejadian ikutan setelah vaksinasi Covid-19.

Ketentuan tersebut berlaku bagi masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan maupun tidak.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Terkait Banjir Bandang di Puncak Bogor

"Yang tidak atau belum membayar iuran akan diupayakan ditanggung negara. Peraturannya sedang diproses," kata Hindra, Selasa, 19 Januari 2021.

Menurutnya, penanganan KIPI sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi, termasuk pendanaan untuk perawatan dan pengobatan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi harus menjamin keamanan, mutu, khasiat, dan keamanan vaksin yang menjadi kewajiban pemerintah.

Baca Juga: Potensi Pergeseran Lahan Usai Banjir Bandang di Puncak Bogor Sedang Dikaji oleh Badan Geospasial

"Pasal 32 menyebutkan harus ada komunikasi, informasi, edukasi, serta skrining kepada sasaran, kemudian Pasal 40 menyebutkan harus dibentuk komite independen untuk mengkaji KIPI yang terjadi apakah ada keterkaitan," katanya.

Halaman:

Editor: Tiara Sayusti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X