Wacana Menkes Penerima Vaksin Disertifikasi dengan Aplikasi Tak Disetujui Fraksi PDIP DPR RI

- 14 Januari 2021, 20:36 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat menjadi salah satu penerima awal pada vaksinasi Covid-19 Perdana bersama Presiden / Setpres /

MORESCHICK -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan akan memberikan insentif yaitu sertifikat kesehatan digital kepada warga yang sudah divaksinasi virus Covid-19.

Disampaikan Budi, sertifikat digital itu nantinya bisa digunakan oleh warga yang hendak melakukan perjalanan.

Baca Juga: Arief Budiman Buka Suara Usai Dicopot dari jabatan Ketua KPU RI

"Kalau terbang atau pesan tiket, tidak usah menunjukkan PCR test atau antigen," kata Budi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 14 Januari 2021.

Selanjutnya, Budi mengatakan, pemberian sertifikat juga mendorong masyarakat bersedia divaksinasi. Pemerintah tak akan lagi menggunakan narasi sanksi dalam mengampanyekan vaksinasi.

Salah satu contoh kegunaannya nanti, warga yang hendak datang ke pusat perbelanjaan atau menghadiri kerumunan bisa menunjukkan sertifikat tersebut.

Baca Juga: Lagu Baru IU Dikabarkan Siap Rilis 27 Januari 2021 Mendatang

Namun, wacana ini langsung dibantah oleh anggota Fraksi PDIP Rahmad Handoyo yang mengingatkan Budi bahwa pandemi tidak langsung selesai setelah sebagian warga divaksinasi.

"Hati-hati, divaksin belum berarti bebas. Divaksin kemudian mlayu (pergi) sana-sini, kena virus, naik pesawat, nularin semua Pak, hati-hati," kata Handoyo.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X