Arief Budiman Dipecat dari Jabatan Ketua KPU RI

- 13 Januari 2021, 17:35 WIB
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot Arief Budiman dari jabatan Ketua KPU RI karena dinilai melanggar kode etik dalam sidang DKPP, Rabu 13 Januari 2021/Instagram/@kpu_ri /

MORESCHICK -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) diberhentikan dari jabatannya. Kewenangan pemberhentian jabatan dilakukan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKKP).

DKPP mengambil keputusan ini dalam sidang etik putusan perkara dengan nomor 123-PKE-DKPP/X/2020.

Baca Juga: Raffi Ahmad Divaksin, Netizen twitter Sewot tapi di Instagram Malah Dipuji

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU RI," dikutip dari salinan putusan DKPP, Rabu 13 Januari 2021.

Kemudian, DKPP secara jelas menyatakan Arief terbukti melanggar etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu saat mendampingi Komisioner KPU Evi Novida Ginting yang menggugat surat keputusan Presiden Joko Widodo ke PTUN Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Divaksin Sinovac: 'Tidak Terasa Sama Sekali'

Saat itu Evi menggugat keputusannya yang diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo ke PTUN Jakarta.

Selaku pengadu, Jupri juga mempermasalahkan surat KPU RI Nomor 665/SDM.13.SD/05/KPU/VIII/2020 tanggal 18 Agustus 2020 yang diterbitkan Arief. Surat itu berkaitan dengan pengaktifan kembali Evi sebagai komisioner.

Di mana sebelumnya, terjadi polemik di antara para penyelenggara pemilu. DKPP sempat memutus pemecatan Evi dari jabatan Komisioner KPU RI karena diduga melanggar kode etik ihwal suara di Pileg 2019.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X