Presiden Jokowi Divaksin Sinovac: 'Tidak Terasa Sama Sekali'

- 13 Januari 2021, 15:19 WIB
Penyuntik vaksin Presiden Jokowi gemetaran. /Antara Foto/Agus Suparto

MORESCHICK -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah orang pertama yang divaksin di Indonesia dengan vaksin Sinovac. Penyuntikan vaksin Presiden Jokowi dilakukan oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof. Dr. Abdul Muthalib.

Proses vaksinasi berjalan lancar meski Prof Abdul sempat gemetar saat menyuntik orang nomor satu Indonesia itu. Presiden Jokowi juga terlihat tenang saat menerima vaksin.

Baca Juga: Bangganya Mama Amy, Raffi Ahmad Putranya Dipercaya Pemerintah Mewakili Milenial Divaksin Perdana

“Bagaimana pak?” tanya Prof Abdul. “Tidak terasa sama sekali,” jawab Presiden Jokowi seraya tertawa.

Sama seperti vaksin pada umumnya, proses penyuntikan vaksin dilakukan pada bagian lengan.

Usai divaksin Presiden Jokowi diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa telah divaksin dan menyerahkannya dan diisi kepada petugas vaksinasi yang berjaga di meja lain.

Baca Juga: Raffi Ahmad Disuntik Vaksin Perdana, Netizen Malah Sewot

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat negara lainnya seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, Sekjen MUI, dr. Amirsyah Tambunan, PBNU KH Ahmad Ishomuddin, dan sejumlah jajaran lainnya.

Vaksin Sinovac tidak boleh diberikan kepada orang dengan tekanan darah sistolik di atas 140. Namun tekanan darah Presiden Jokowi adalah sistolik 130 dan diastolik 67. Sehingga Presiden Jokowi dinyatakan sehat dan aman untuk menerima vaksin.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X