Hoaks, Foto Bayi Korban Selamat dari Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

- 12 Januari 2021, 22:17 WIB
Cek Fakta: Kabar bayi selamat korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182, tidak benar /

MORESCHICK - Media sosial diramaikan dengan beredarnya foto bayi yang merupakan korban selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta - Pontianak.

Foto itu memperlihatkan seorang bayi mengenakan pelampung dan di kelilingi banyak orang itu salah satunya diposting oleh akun Facebook Marlyn Umbu Maret.

Baca Juga: 7 Orang Pelanggar Prokes di Desa Padang Sambian Kaja Terjaring Tim Yustisi Kota Denpasar

"Bayi yg slmt dr penerbangan Pesawat Sriwijaya…smg korban yg lain dpt dtemukan…smgt utk TIM SAR. TUHAN YESUS SLL MEMBRKATI BABY," tulis caption pada postingan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri ternyata foto terebut adalah hoax. Dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks atau berita bohong.

Pada kecelakaan Lion Air pada 2018, foto serupa juga turut beredar, Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat itu mengklarifikasi bahwa foto tersebut merupakan foto salah seorang penumpang yang selamat pada kejadian tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju. Kapal diketahui tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, 3 Juli 2018.

Baca Juga: Hari Pertama PPKM, Satgas Desa Peguyangan Kangin Bali Jaring 7 Orang Diduga Pesta Miras

Dalam keterangan yang dirilis Liputan6 pada video penemuan bayi tersebut terlilit pelampung dan dikabarkan bahwa ibu serta keluarga bayi tersebut tidak selamat. Ibu bayi tersebut sengaja melilitkan badannya ke pelampung agar bayinya tetap mengambang.

Sehingga, klaim mengenai bayi yang selamat dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air itu merupakan hoaks dengan kategori konten yang salah.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X