Yuk! Cek Syarat dan Ketentuan BLT Khusus Ibu hamil

- 12 Januari 2021, 11:24 WIB
Ilustrasi BLT BPJS Ketengakerjaan /FIX INDONESIA/Shammil Fachrial Suryapraja/

MORESCHICK -- Dana bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total mencapai Rp6 juta setahun akan diberikan kepada Ibu hamil hingga balita yang sudah dimulai tahun ini.

Adapun rinciannya dari total Rp6 juta tersebut akan dibagi dua untuk ibu hamil dan balita. Diketahui, BLT ibu hamil sebanyak Rp3 juta dan BLT balita usia 0-6 tahun sebesar Rp3 juta setahun.

Baca Juga: Pria Ini Dijatuhi Hukuman Penjara 1.075 Tahun, Ini Deretan KejahatannyaBaca Juga: Pria Ini Dijatuhi Hukuman Penjara 1.075 Tahun, Ini Deretan Kejahatannya

Penyaluran BLT untuk ibu hamil dan balita itu akan disalurkan dalam kurun waktu satu tahun, dengan 4 kali masa pencairan, mulai dari bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Untuk pengambilan BLT, pemerintah telah menunjuk beberapa bank BUMN di antaranya adalah BRI, Mandiri, BNI dan BTN. Namun sebelum mengambil BLT, ibu hamil dan balita harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Terkait Kebijakan Baru WhatsApp, Menkominfo Singgung Soal UU Pelindungan Data Pribadi

Berikut syarat untuk bisa mendapatkan dana bansos BLT tersebut:

  1. Untuk mendapatkan dana bantuan tersebut ibu hamil wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS).
  2. Jika belum memiliki KPS, ibu hamil bisa terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada RT/RW yang lalu disampaikan ke kelurahan. Nanti di sini akan diputuskan apakah ibu hamil itu berhak memperoleh KPS.
  3. Jika ibu hamil sudah layak mendapatkan dana BLT, maka Kepala Desa aka melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
  4. Setelah semua prosedur tersebut terpenuhi, ibu hamil itu selanjutnya bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. 

Baca Juga: Usai Suaminya Ketangkap Narkoba, Nindy Ayunda Malah Tutup Kolom Komentar Instagram

Meski demikian, tidak berhenti sampai di situ, ibu hamil yang sudah menerima bantuan tersebut selanjutnya wajib memenuhi beberapa hal, yakni:

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X