Apa Saja Efek Samping dari Vaksin Covid-19? Begini Kata Pakar

- 3 Desember 2020, 14:00 WIB
Vaksin /pexels.com/Nataliya Vaitkevich

MORESCHICK - Pengembangan vaksin Covid-19 melalui kerja sama dengan berbagai produsen di negara-negara lain telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Terkait pengembangan vaksin tersebut, banyak warga yang bertanya-tanya mengenai apa efek samping jika telah melakukan vaksinasiĀ  Covid-19.

Seorang Vaksinolog dan dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe mengatakan manfaat vaksinasi lebih banyak dibandingkan efek sampingnya.

Baca Juga: Viral Video Hasil Swab Rizieq Shihab POSITIF COVID-19!

"Namanya produk medis pasti punya efek samping. Tapi perlu diketahui manfaatnya jauh lebih besar dari pada efek sampingnya," kata Dirga.

Dirga mengatakan semua ada efek samping, baik obat maupun vaksin. Bahkan, jika terlalu banyak mengonsumsi air putih pun dapat berefek samping pada ginjal dan jantung.

Dia juga menjelaskan efek samping dari vaksin mayoritas bersifat ringan, yaitu hanya lokal kemerahan atau bengkak di bekas suntikan.

Baca Juga: 4 Strategi Penting Manfaatkan Medsos Sebagai Informasi Tentang Pariwisata Indonesia Ditengah Pandemi

Namun ia tidak memungkiri bahwa vaksinasi juga berefek demam. Tapi deman tersebut merupakan tanda vaksin itu bekerja sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Halaman:

Editor: Tiara Sayusti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X