Tularan Covid-19 Menurun, Desa Adat Samapura Ajak Seniman Bondres Sosialisasi Prokes

- 28 November 2020, 19:57 WIB
Seniman Bondres khas Bali saat beraksi mengajak masyarakat patuh prokes di Kabupaten Klungkung sempat diguyur hujan /kartika mahayadnya/denpasar update

MORESCHICK - Meski dinilai penyebaran virus Covid-19 di Bali telah menurun, namun situasi itu tak menyurutkan upaya untuk tetap gencar mengajak masyarakat patuh protokol kesehatan. Upaya ini rupanya membuahkan hasil positif.

Data dari Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemprov Bali menyebutkan angka kasus baru paparan virus Corona terus menurun.

Baca Juga: Alasan Pejabat Di Indonesia Doyan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

Termasuk di Kabupaten Klungkung angka yang terkonfirmasi positif menurun. Sebaliknya yang sembuh bertambah banyak.

Data pertanggal 27 November 2020, akumulasi kasus di Kabupaten Klungkung Bali sebanyak 939 terkonfirmasi positif. Sementara yang sembuh sebanyaj 889 pasien, meninggal hanya 19 kasus.

Baca Juga: Begini Alur Distribusi 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Meski begitu sosialisasi dan penegakan penerapan prokes terus digencarkan. Seperti Desa Adat Semarapura, Kecamatan Klungkung yang menggelar sosialisasi penerapan protokol kesehatan melalui atraksi seni dan budaya berkeliling di wilayah Desa Adat Semarapura.

Bendesa Adat Semarapura, Wayan Budarsana menuturkan, tingkat kesadaran warga di wilayah Desa Adat Semarapura terkait dengan protokol kesehatan terutamanya dalam penggunaan masker sudah cukup tinggi dibandingkan awal-awal wabah virus corona menyebar.

Baca Juga: Harapan Setinggi Langit Pariwisata Bali Jelang Libur Akhir Tahun, Meski Virus Corona Masih Bertamu

Meski begitu, diakuinya masih ada masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan dengan alasan tidak nyaman.

“Terutamanya lansia. Mereka beralasan tidak nyaman menggunakan masker karena sesak dan panas. Namun tetap kami ingatkan dan minta untuk menggunakan masker,” Wayan seperti dilansir Denpasarupdate.com, Sabtu 28 November 2020.

Mengingat wabah itu sampai saat ini masih mengancam kesehatan warga Klungkung, terutamanya di wilayah Desa Adat Semarapura, sosialisasi terus digencarkan.

Baca Juga: Menteri Ida Klaim BSU Berhasil Dorong Konsumsi Rumah Tangga dan Buat Pertumbuhan Ekonomi Naik

Seperti kemarin, ia melibatkan para seniman bondres dan pesantian untuk menggelar sosialisasi penerapan protokol kesehatan.

Pasalnya sosialisasi dengan pendekatan seni dan budaya seperti apa yang dilakukan Desa Adat Semarapura dirasa dapat dengan mudah menarik perhatian masyarakat untuk memperhatikan pesan-pesan yang diberikan dalam sosialisasi tersebut.

“Kami lakukan dengan berkeliling dan berhenti di belasan titik di wilayah desa adat kami. Meski diguyur hujan, sosialisasi tetap kami gelar,” ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh desa adat lainnya.

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X