Sutradara Utama Venice Film Festival ke-78 adalah Bong Joon-ho, Ini Alasannya

- 17 Januari 2021, 10:55 WIB
Sutradara Bong Joon-ho memenangkan Oscar untuk Film Feature Internasional Terbaik untuk "Parasite" di Academy Awards ke-92 di Hollywood /Dok. The Korea Herald

MORESCHICK -- Venice Film Festival ke-78 akan segera dilangsungkan. Adapun yang menjadi juri utama adalah Sutradara Bong Joon-ho. Dengan terpilihnya Bong Joon-ho, melegitimasikan sutradara asal Korea pertama yang terpilih.

Padahal, sebelum-sebelumnya Bong Joon-ho tidak ada keterkaitan dengan Venice Film Festival. Namun, torehan prestasinya di film Parasite yang memenangkan piala Film Terbaik dalam hampir 100 tahun sejarah Academy Awards.

Baca Juga: Ada Versi Muda Yoda di Film Baru Star Wars

Film Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan Academy Awards dan membawa tiga piala Oscar. Terlebih, kesuksesan film tersebut pertama kali ditampilkan setelah memenangkan Palme d'Or di Cannes 2019.

"Festival Film Internasional Venesia membawa sejarah panjang dan beragam selama ini. Saya merasa terhormat bisa terlibat dalam tradisi sinematik yang indah ini," kata Bong Joon-ho, mengutip berbagai sumber berita film, Minggu 16 Januari 2021.

Secara terpisah, Direktur Artistik Venesia Alberto Barbera mengatakan sutradara Bong Joong-ho adalah otentik dan orisinal dalam perfilman. Persetujuan Bong Joon-ho memimpin juri disebut kabar baik bagi Festival Film Venice ke-78.

Baca Juga: Kota Manado Dilanda Banjir Ketinggian 3 Meter, Kini Korban Tewas 5 Orang

Sutradara Bong Joon-ho selama ini dikenal karena kerap memasukkan permasalahan sosial dalam karya-karyanya.

Ia sudah menjadi salah satu ikon perfilman Korea sejak merilis Memories of Murder pada 2003 yang terinspirasi dari kisah nyata, pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980an.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X