Pentingnya Pemahaman Kesetaraan Gender untuk Bangun Keluarga Bahagia

- 10 September 2020, 11:50 WIB
Ilustrasi Kesetaraan Gender /Istimewa

MORESCHICK - Isu mengenai kesetaraan gender kerap muncul akhir-akhir ini. Namun, masih banyak yang belum mengerti terkait hal itu.

Dilansir dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), pengertian kesetaraan gender merujuk kepada suatu keadaan setara antara laki-laki dan perempuan dalam pemenuhan hak serta kewajiban masing-masing. 

Ketidaksetaraan gender kerap berlaku dalam hal kesempatan serta kendali atas beberapa aspek kehidupan. Perempuan menanggung beban paling berat akibat ketidaksetaraan yang terjadi. Akan tetapi pada akhirnya ketidaksetaraan tersebut akan merugikan semua pihak.

Baca Juga: Tak Hanya Anak Kecil, Tantrum Juga Bisa Terjadi Pada Orang Dewasa

Tentunya permasalahan seperti itu masih sering terjadi di Indonesia. Ketika membangun relasi di dalam sebuah keluarga, kesetaraan gender merupakan salah satu fondasi mewujudkan ketahanan keluarga di masa kini.

Kesetaraan gender ini, salah satunya dapat dilakukan melalui pembagian peran suami dan istri yang seimbang dalam mengerjakan aktivitas kehidupan keluarga

Baca Juga: Comeback CLC, Cetak Rekor Penjualan Single 'Helicopter' Sejak Minggu Pertama Rilis

Contohnya seperti praktik pengasuhan anak. Ayah dan Bunda dapat menunjukkan peran yang seimbang dalam rangka perlindungan anak ke depannya.

Kesetaraan gender tidak terlepas dari komunikasi yang baik antar pasangannya untuk mencapai kesepakatan dalam berbagi tugas rumah tangga. Hal itu bisa terjadi jika terlepas dari ego kedua pasangan untuk mencapai sebuah kesepakatan.

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X