Perlunya Cek Imun Tubuh Pasca Vaksinasi, Ini Caranya

- 7 Maret 2021, 09:15 WIB
Ilustrasi vaksinasi yang dilakukan pada masyarakat /Pixabay/kfuhlert

MORESCHICK -- Pandemi covid19 belum juga usai, masyarakat mau tidak mau terus mencari cara untuk dapat meningkatkan imun tubuh secara maksimal, salah satunya pun dengan jalan vaksinasi.

Berkaitna dengan itu, seorang Dokter spesialis Patologi dari Siloam Hospitals Purwakarta, dr Adrian Suhendra, Sp.PK. mengatakan, terdapat tes serologi kuantitatif yang merupakan cara medis melalui pengambilan sampel darah yang berfungsi guna mengidentifikasi patogen di dalam tubuh manusia.

"Tujuan tes ini, untuk mengetahui dan melihat respons kekebalan tubuh seseorang atau antibodi dari seseorang yang telah mendapatkan suntik vaksin Covid-19," katanya, dari data yang dirangkum artikel kesehatan, Minggu 7 Maret 2021.

Baca Juga: Pasangan Kamu Mudah Emosi? 5 Cara Ini untuk Mengendalikannya

Dia kemudian menambahkan, tes serologi kuantitatif dilakukan pada laboratorium khusus serologi yang bertujuan membaca hasil pemeriksaan secara kuantitatif.

"Intinya adalah metode serologi kuantitatif berfungsi untuk mengecek imun tubuh pasca-vaksinasi," ungkap Adrian.

Tes kuantitatif serologi menggunakan immunoassay untuk menentukan nilai kuantitatif titer antibodi terhadap protein Spike-Receptor Binding Domain (S-RBD) Covid-19 dalam darah manusia.

Metode ini akan membantu memberikan hasil nilai antibodi seseorang secara akurat sehingga pasien bisa mengetahui bagaimana respons imun tubuhnya terhadap Covid-19.

Tes kuantitatif serologi termasuk jenis tes imunologi yang bersifat mengavaluasi titer antibodi Covid-19 dalam tubuh seseorang, baik itu pasca-vaksin Covid-19 maupun kondisi setelah terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X