Google Doodle Tampilkan Noken Papua, Ini Maknanya

- 4 Desember 2020, 21:36 WIB
Asal mula Noken Papua beserta nilai filosofis dan cara membuatnya /Syifa Chusnul K/Google Doodle

MORESCHICK - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) telah menetapkan Noken Papua sebagai warisan budaya sejak 4 Desember 2012 lalu.

Hal itu membuat Google Doodle manampilkan gambar masyarakat Papua dengan memakai Noken.

Baca Juga: Twitter Akan Larang Cuitan Bernada Rasis

Gambar yang tampil di google doodle hari ini diilustrasikan oleh seorang seniman tamu yang berbasis di Depok, Danu Fitra.

Noken adalah tas tradisional Papua yang terbuat terbuat dari kulit kayu dan dapat difungsikan seperti tas yang dipakai pada umumnya. Selain kulit kayu, tas Noken Papua juga bisa terbuat dari bahan seperti serat pohon atau daun, yang diproses menjadi benang yang kuat dan kemudian diikat atau dianyam menjadi satu.

Baca Juga: Kevin Aprilio Sengaja Tak Follow Widi, Kok Bisa?

Menurut filosofinya, Noken Papua mengartikan nilai budaya dan sosial ekonomi yang besar di seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia.

Dikutip Antara, Noken dianggap sebagai ikon khas Papua yang mulai ditinggalkan masyarakat. Padahal Noken merepresentasikan budaya masyarakat Papua, karena hampir semua etnik Papua mengenal benda itu dan mempergunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga: Vernita Syabilla Bakal Lapor Polisi, Netizen Menghinanya: 'Lonte Bekas Dipake Bau Ikan Asin'

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X