Seluruh Bali akan Mengalami Kulminasi, Apa Itu?

- 26 Februari 2021, 09:38 WIB
Ilustrasi kulminasi matahari. /ANTARA

MORESCHICK  -- Seluruh wilayah Pulau Bali akan mengalami hari tanpa bayangan selama dua hari, dari tanggal 26 hingga 27 Februari 2021.

Disampaikan Kepala Sub Bidang Pengumpulan dan Penyebaran Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto mengatakan, fenomena itu diakibatkan karena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit atau disebut kulminasi utama.

Baca Juga: Kakak Amanda Manopo Ikut Bantah Billy Syahputra Pelaku Ancaman

"Matahari berada tepat di atas kepala kita. Makanya, tidak terlihat bayangan dan itu biasanya setahun terjadi dua kali, Februari dan September," kata Hartanto, saat dihubungi Jumat 26 Februari 2021.

Hari tanpa bayangan akan terjadi pada tanggal 26 Februari 2021 di wilayah Gianyar, Tabanan, Klungkung, Denpasar, dan Bangli. Kemudian, pada tanggal 27 Februari 2021 di wilayah Singaraja, Karangasem dan Jembrana.

Baca Juga: Buat Khawatir EXO-L, Chanyeol Tulis Surat Permintaan Maaf

Sementara, bagi masyarakat dengan adanya fenomena tersebut tak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena cuaca panas tidak akan terjadi peningkatan sebab saat ini masuk musim hujan.

"Tidak ada, yang perlu dikhawatirkan. Kalau, kondisi sekarang tidak terlalu terpengaruh karena musim hujan. Tapi untuk September bisa lebih panas tapi tidak ekstrem," ujar Hartanto.

 

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X