Sampah Kian Banyak di Pantai Wilayah Badung, DLHK Gerak Cepat Membersihkan

- 22 Januari 2021, 15:43 WIB
Ilustrasi sampah plastik. /unsplash/Dustan Woodhouse

MORESCHICK -- Banyaknya sampah yang terbawa arus ke tepi pantai membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, Bali harus bekerja keras untuk membersihkan sampah-sampah itu.

Menurut Sekertaris Daerah Kabupten Badung, I Wayan Adi Arwana menyebut, penanganan sampah harus dipikirkan dan dilakukan secara serius. Agar tidak ada lagi sampah yang membludak yang berada di pinggir pantai sebagai destinasi wisata.

Baca Juga: Pemkot Denpasar Tetapkan Langkah Baru Terkait Perpanjangan PPKM Hingga 8 Februari

"Kegiatan bersih-bersih pantai ini terus dilakukan karena sekarang ini musimnya sampah-sampah kiriman dengan volume yang banyak dan membutuhkan penanganan yang serius dan profesional," ujarnya, Jumat 22 Januari 2021.

Adanya sampah dengan volume besar ke pinggir pantai itu salah satunya disebabkan oleh fenomena angin barat yang membawa sampah kiriman ke berbagai titik pantai di sepanjang wilayah Badung.

Oleh sebab itu, ia berharap kepada para pihak terkait agar turut serta menangani soal sampah dan ikut pula menjaga kebersihan sebab sampah-sampah ini memenuhi hampir di setiap pantai yang favorit di Bali, seperti Kuta, Seminyak dan Legian.

Baca Juga: Pemerintah Kota Denpasar Siapkan 2 Hotel Lagi untuk Isolasi Pasien Covid-19

"Penanganan sampah kiriman sebaiknya tidak saja mengandalkan dari pihak pemerintah, tapi juga diperlukan partisipasi dan keterlibatan semua pihak dalam mendukung kegiatan bersih pantai," katanya.

Kemudian, ia sedang melihat bagaimana kesiapan DLHK Badung dalam menangani persoalan sampah ini. Penanganan sampah tidak saja dari segi tenaga melainkan juga kesiapsiagaan menghadapi sampah kiriman.

Halaman:

Editor: Vito Adhityahadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X