Pemerintah Resmi Tutup Pengunjung WNA, Ini Nasib Para Turis yang Masih Ada di Bali

- 19 Januari 2021, 19:30 WIB
Potret turis WNA dan WNI di pantai Seminyak Bali / pixabay/mrsvickyaltaie/

MORESCHICK - Pemerintah menutup sementara Bali untuk para warga negara asing yang ingin berkunjung.

Pelarangan ini pun telah mulai diberlakukan pada awal Januari 2021. Mulanya peraturan ini berlaku untuk dua minggu yaitu mulai 1 Januari hingga 14 Januari 2021. Kemudian pemerintah kembali memperpanjang peraturan ini pada 15 Januari hingga 25 Januari 2021, dan masih ada kemungkinan perpanjangan.

Baca Juga: Video Mobil Rombongan Presiden Jokowi Terobos Banjir Jadi Viral di Medsos

Meski demikian, masih banyak WNA yang berada di Pulau Dewata. Berdasar catatan Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali, jumlahnya yang masih di Bali jumlahnya ratusan ribu. Yakni sedikitnya 170 ribu warga negara asing (WNA) tercatat memegang izin tinggal kunjungan dari Januari 2020 hingga saat ini.

Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto, menyebutkan, pemegang izin tinggal sementara sebanyak 97 ribu dan pemegang izin tinggal tetap sebanyak 8 ribu.

"Ini data yang kami rekap dari januari 2020, sampai saat ini di kantor imigrasi di Bali. Tentunya bisa jadi mereka ada di wilayah lain, karena bisa melalui jalur domestik tapi mungkin sebagian besar di Bali," katanya, Selasa, 19 Januari 2021.

Baca Juga: Banjir Cirebon Rendam Tujuh Kecamatan dan Ratusan Hektare Sawah Warga

Eko mengatakan mereka umumnya masih di Bali sebagian besar karena adanya pandemi Covid-19. Sehingga masih terbatasnya atau minimnya penerbangan ke negara asalnya.

"Kami terima alasan yang besar adalah Covid-19, dg pertimbangan masih minimnya alat angkut atau penerbangan bagi orang asing ke negaranya," katanya.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Denpasar Update


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X